Minggu, Juli 21, 2024

Membanggakan! Mahasiswa Unipa Manokwari Ini Sabet 3 Sertifikat Pilot Drone dalam Waktu Enam Hari

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Jane Elisabeth Lense, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Negeri Papua adalah mahasiswa pertama di Indonesia yang berhasil memperoleh tiga sertifikat  sekaligus dalam waktu enam hari. Ini adalah sebuah prestasi yang sangat membanggakan. Demikian seperti dikutip dari  Unipa.ac.id, Kamis (3/3/2022).

Sertifikat yang dimaksud adalah Sertifikast Pilot Drone, Sertifikat  Pemetaan menggunakan Drone dan yang paling precious adalah Lisensi Remote  Pilot Drone yang di keluarkan oleh DKPP Kementerian Perhubungan Indonesia.

Zulifikar, S.Hut, M.Si, salah seorang anggota APDI (Asosiasi Pilot Drone Indonesia) yang juga Dosen Fakultas Kehutanan Unipa mengatakan lisensi itu sangat berguna bagi mahasiswa tersebut karena dengan lisensi ini dapat membuka peluang kerja bagi mahasiswa karena menunjukkan kompetensi, melakukan pemetaan dan mengendalikan drone dengan mode non GPS. “Apa yang dicapai Janes Elisaberth harus juga dapat memotivasi para mahasiswa lainnya termasuk generasi muda  untuk mencapai prestasi yang sama. Kalo mau kerja keras dan berusaha pasti bisa,” ujarnya.

Sementara itu, Jane Elisabeth Lense meyakini bahwa setiap orang memiliki potensi dalam dirinya namun belum dikembangkan secara maksimal. “Kita semua punya potensi dan seharusnya potensi, bakat atau apapun namanya  jangan hanya disimpan tapi berusaha untuk dikembangkan. Semua manusia pasti bisa, yang peting berani untuk mencoba,” ujarnya.

Sekedar informasi, sertifikasi pilot drone dibutuhkan untuk melegitimasi seseorang saat mengendalikan drone. Seseorang boleh mengendalikan Drone,  apabila sudah memiliki sertifikat dan izin penerbangan karena bisa saja tejadi berbagai resiko seperti  kecelakaan drone dan kejadian lainnya menjadi pertimbangan bagi pemerintah untuk memberlakukan regulasi tersebut sekaligus menegaskan bahwa menerbangkan drone tidak boleh sembarangan dan ceroboh. (m/i/KN-3)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

nine + 11 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir