Kamis, Mei 23, 2024

Yeboh Kocu Terpilih Pimpin Pemuda Katolik Maybrat Periode 2023-2026

MAYBRAT, Kasuarinews.id – Musyawarah Komisariat Cabang (Muskomcab) Pemuda Katolik Komcab Kabupaten Maybrat, yang dilaksanakan di Trianapo Ayawasi, (28/01/23) akhirnya memilih Reinaldo Yeboh Kocu sebagai Ketua Pemuda Katolik Komcab Maybrat periode 2023 – 2026. Yeboh terpilih memenangkan 99 suara peserta Muskomcab menggungguli pesaingnya Manfred Baru dengan perolehan 29 Suara.

Yeboh terpilih menggantikan Ketua Pemuda Katolik Komcab Maybrat periode sebelumnya (2021-2022), Jorgen Baru. Dalam pemaparannya, Yeboh menyampaikan beberapa program kerja sebagaimana visi dan misinya untuk mempersatukan dan memajukan orang muda katolik di Kabupaten Maybrat. Upaya menunaikan visi dan misi tersebut terbagi dalam program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka Panjang dengan bermitra bersama pemerintah, organsisasi kepemudaan dan Gereja Katolik di Kabupaten Maybrat.

Dalam waktu dekat, Yeboh akan melakukan konsolidasi bersama anggota dan pengurus Pemuda Katolik Komcab Maybrat. Konsolidasi organisasi tersebut dilakukan untuk memetakan potensi kader yang nantinya akan dikembangkan sesuai kapasitasnya. Untuk jangka menengah mewujudkan keterlibatan pemuda katolik dalam masalah sosial kemasyarakatan misalnya dengan memberi perhatian serius pada warga exodus konflik yang terjadi di Kabupaten Maybrat. Sementara untuk jangka panjang, pemuda Katolik Komcab Kabupaten Maybrat akan terus melanjutkan kaderisasi anggota dengan mengupayakan proses pendidikan inisiasi.

“Seperti kita ketahui bahwa Kabupaten Maybrat sedang membutuhkan perhatian serius perihal persoalan sosial kemasyarakatan yang terjadi di Aifat Timur. Hal ini memerlukan kehadiran Pemuda Katolik untuk berjuang dan terlibat dalam upaya mengatasi problem warga exodus tersebut. Apalagi mereka adalah orang Katolik,” terang Yeboh.

Muskomcab Pemuda Katolik Komcab Maybrat mengusung tema “Menjadi Pemuda Katolik yang Pro Ecclesia” dipimpin Mario Wiran, ketua bidang pelatihan dan kaderisasi Pemuda Katolik Komda Papua Barat, Yongki Yumte dari SC Panitia dan Melkinaus Fatem dari Anggota Pemuda Katolik Komcab Maybrat. Sebelum kegiatan Muskomcab lebih dulu dilakukan kegiatan masa penerimaan anggota (Mapenta) yang diikuti oleh 145 orang peserta perwakilan orang muda Katolik dari setiap paroki dan stasi di Kabupaten Maybrat.

Dalam sambutannya sebelum membuka Mapenta, Mario Francisco Talubun mewakili Ketua Pemuda Katolik Komda Papua Barat meminta semua kader untuk berperan aktif dalam memajukan pembangunan serta mengawal dan menyukseskan kepentingan gereja di dalam masyarakat terutama di Kabupaten Maybrat.

“Pemuda Katolik adalah organisasi bersama bukan milik kelompok orang tertentu. Sehingga teman-teman sekalian harus mampu berbagi peran dan bekerja sama untuk menyukseskan agenda-agenda organisasi. Nanti juga mau Muskomcab, ketua yang dipilih juga harus didukung untuk kemajuan organisasi,” ujar Francis, panggilan akrabnya.

Kegiatan Mapenta dihadiri Pastor Moderator Pemuad Katolik Komcab Maybrat, Felix Janggur, OSA, Perwakilan pemerintah Kabupaten Maybrat, Stevanus Kocu, Ketua KNPI Maybrat, Klemens Howai, Anggota DPRD Kab. Maybrat, Sebastian Bame dan Ignasius Baru, selain itu hadir juga beberapa senior Pemuda Katolik dan para mantan ketua caretaker Pemuda Katolik Komcab Maybrat. (KN1)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

four × 3 =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir