Kamis, Mei 23, 2024

Mengenal Jumat Agung, Berikut Penjelasan serta Tata Cara Perayaannya

MANOKARI, Kasuarinews.id РBerikut ini penjelasan mengenai apa itu Jumat Agung. Dalam artikel ini juga terdapat penjelasan mengenai tata cara merayakannya. Jumat Agung tahun ini jatuh pada 15 April 2022, besok. Jumat Agung merupakan salah satu hari yang terdapat dalam Pekan Suci. Sebelum Hari Paskah, umat Kristiani akan merayakan Pekan Suci.

Dikutip dari Tribunnews.com, selama Pekan Suci, umat Kristiani akan mengenang peristiwa-peristiwa menjelang kematian Yesus melalui penyaliban dan menurut iman mereka, Kebangkitan-Nya.

Pekan Suci meliputi Minggu Palem, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci dan Minggu Paskah. Simak penjelasan mengenai apa itu Jumat Agung yang akan diperingati umat Kristiani besok, 15 April 2022 yang dikutip dari berbagai sumber.

 Apa Itu Jumat Agung?

Jumat Agung adalah hari umat Kristiani memperingati penderitaan dan kematian Yesus di kayu salib. Sejak hari-hari awal Kekristenan, Jumat Agung diperingati sebagai hari kesedihan, penebusan dosa dan puasa. Sebuah karakteristik yang diungkapkan dalam kata Jerman Karfreitag (Jumat yang Penuh Duka).

 Bagaimana Cara Merayakan Jumat Agung?

Terdapat berbagai cara untuk menghormati hari telah berkembang dan banyak tradisi serta devosi populer yang masih dipraktikkan hingga saat ini. Pada Abad Pertengahan, Fransiskus dari Assisi mempopulerkan ziarah simbolis jika Anda tidak dapat melakukannya ke Yerusalem, yang dikenal sebagai Jalan Salib.

Pengabdian tersebut mencakup salib yang diberi jarak pada interval (baik di dalam maupun di luar) di samping seni seperti lukisan atau pahatan yang menggambarkan pemandangan penting dari kehidupan Yesus.

Orang-orang berhenti untuk berdoa, bermeditasi, dan membaca atau mendengar bagian-bagian Alkitab di setiap stasiun. Ini paling sering didoakan selama Prapaskah dan terutama pada hari Jumat Agung. Drama gairah, yang mendramatisasi hari-hari terakhir kehidupan Yesus, juga dimulai pada Abad Pertengahan. Satu yang diadakan di Oberammergau, Jerman, telah dilakukan setiap sepuluh tahun sejak tahun 1634. Lainnya diadakan setiap tahun di berbagai tempat di seluruh negeri seperti San Antonio, Texas, Southington, Connecticut dan Eureka Springs serta Arkansas.

Beberapa umat beriman mengunjungi tujuh gereja berbeda pada hari Jumat Agung, meluangkan waktu untuk berdoa di masing-masing gereja. Yang lain menghadiri kebaktian berdasarkan tujuh kata terakhir (atau kutipan langsung) Yesus dengan pembacaan ayat-ayat Alkitab, khotbah, doa dan himne. Puasa dan menghadiri kebaktian merupakan bagian dari peringatan Jumat Agung. Misalnya, bagi umat Katolik Roma, ibadah pada Jumat Agung adalah bagian tengah dari liturgi selama tiga hari, atau ritus resmi, yang disebut Triduum.

Agama Anglikan, Ortodoks dan Protestan juga mengadakan kebaktian khusus pada hari Jumat Agung. Kebaktian tersebut untuk mengenang penderitaan Yesus dalam persiapan perayaan kebangkitan pada hari Minggu Paskah. (Nadya)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

3 × three =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir