Sabtu, Mei 4, 2024

Sambut Idul Fitri, Pemprov Papua Barat Gelar Gerakan Pangan Murah bagi Masyarakat di Fakfak

FAKFAK, Kasuarinews.id – Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hj, Pemprov Papua Barat melalui Seksi Harga Pangan, Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Papua Barat menyelenggarakan gerakan Gelar Pangan Murah yang berlangung Senin (17/4/2023) di Fakfak Kota, Kabupten Fak-fak.
Kegiatan Gerakan Pangan Murah ini dibuka secara resmi oleh Pj. Gubernur Papua Barat, Paulus Waterpauw ditandai dengan penyerahan secara simbolis 9 bahan pokok kepada para pembeli. “Gerakan pangan murah adalah salah satu upaya pemerintah untuk membantu warga masyarakat dalam merayakan hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri. Selain untuk membantu warga masyarakat, hal ini juga dilakukan untuk menekan harga dan memastikan ketersediaan pasokan,” ujar Waterpauw yang menyambut positif apa yang dilakukan Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat.
Pada kesempatan ini, Asisten III Setda Papua Barat, Latief Suaheri menyampaikan laporan terkait kegiatan gerakan pasar murah. Menurut Suaheri, dalam menyambut Idul Fitri 1444 Hj, Pemprov Papua Barat selain menggelar gerakan pasar murah juga melakukan sejumlah kegiatan lainnya yaitu Safari Ramadhan yang dilakukan Pj. Gubernur Papua Barat bersama dengan MUI Papua Barat.
Pada kesempatan ini, Bupati Fakfak, Untung Tamsil, SE menyampaikan selamat datang kepada Pj. Gubernur Papua Barat dan rombongan. “Saya mengucapkan selamat datang kepada Bapak gubernur. Dan terima kasih karena dapat melakukan gerakan pasar murah di Fakfak dalam menyambut hari Raya Idul Fitri,” ujarnya.
Sementara itu, Kadis Ketahanan Pangan Papua Barat Lasarus Ullo melalui Kepala Seksi Harga Pangan, Dinas Ketahanan Pangan Papua Barat, Elyanti Mayangsari mengatakan Gerakan gelar pangan murah dilakukan dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1444 Hj.
Kata dia, kegiatan tersebut merupakan program Dinas Ketahanan Pangan, Bidang Distribusi dan Cadangan Pangan yang dilakukan oleh Seksi harga pangan. “Tujuannya yaitu stabilisasi pasokan dan harga pangan dengan sasaran masyarakat yang terkendala akses untuk medapatkan bahan pangan yang dibutuhkan terutama akses transportasi,” ujarnya.
Kata Elyanti, lokasi kegiatan dilaksanakan di sejumlah titik yaitu distrik Fakfak Barat terdiri dari kampung Porum, Kiat, Purwahabtonggo, Puwasak. Distrik Fakfak Timur Tengah yaitu Kampung Wambar Timur, Kotam, Kampung Wambar dan Distrik Teluk Patipi, Kampung Patipi Pasir, Patipi Pulau, Bisa, Ophie, Tiba-tiba Nanam, Mawar serta Distrik Fakfak Kota.
Menurut Elyanti, pangan yang disediakan untuk masyarakat sebanyak 1005 paket yang terdiri dari beras 10 kg, gula 1 kilo, tepung 1 kg, minyak goreng 1 liter dengan harga Rp. 75.000/paket. “Kita dari Dinas Ketahanan Pangan menyediakan 1005 paket dan harga per paket yaitu Rp.75.000,” ungkapnya. Dan hari terakhir gerakan gelar pangan murah bertempat di distrik Teluk Patipi tanggal 19 April dengan jumlah paket sebanyak 1148 paket. (KN5)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

eleven − one =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir