Minggu, April 21, 2024

Umat Katolik Paroki Imanuel Sanggeng, Manokwari Awali Vigili Paskah Dengan Perarakan Lilin Paskah

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Perayaan Vigili Paskah atau Malam Paskah umat Katolik Paroki Imanuel Sanggeng, Manokwari diawali dengan pemberkatan api dan lilin Paskah, bertempat di halaman Gereja Imanuel  kemudian melakukan perarakan memasuki Gereja yang masih berada dalam suasana gelap. Lilin Paskah yang dinyalakan dari api yang telah diberkati di depan gereja menjadi simbol bahwa Kristus adalah terang dunia yang bangkit dari kubur yang gelap dan mampu mengalahkan kematian dan dosa umat manusia.

Pastor Alexandro Rangga, OFM mengajak seluruh umat Katolik untuk bersama – sama dapat merayakan kebangkitan Yesus Kristus. ” Saya mengajak pada kita semua mari kita bersama -sama bersyukur dan memuliakan keagungan Tuhan karena pada malam Paskah ini merupakan malam kebaktian untuk merayakan kebangkitan Yesus secara resmi,” ungkap pastor Alex saat pemberkatan api dan lilin Paskah yang memimpin misa Vigili Paskah pada, Sabtu ( 16/4/2022 ) pukul 20.00 Wit.

Tata cara perayaan Vigili Paskah terbagi dalam empat bagian yakni  Ibadah terang, liturgi sabda, liturgi baptis, dan liturgi Ekaristi.

Vigili Paskah atau Malam Paskah merupakan satu momen penting dalam ritual perayaan Paskah, perayaan ini dilaksanakan pada malam Sabtu Suci, satu hari setelah Jumat Agung dan malam sebelum Minggu Paskah.

Pelaksanaan Perayaan Sabtu Suci atau Vigili Paskah ,dianggap sebagai perayaan resmi pertama dan utama untuk merayakan kebangkitan Yesus Kristus, dan dalam tata perayaan inipun umat akan memperbaharui janji baptis dan dibawah ke dalam persekutuan penuh dengan gereja suci.

Pada liturgi baptis, umat diajak untuk membaharui janji baptis kemudian Pastor merecki umat yang hadir dengan air baptis.

Pastor Alex mengajak seluruh umat Katolik di Paroki Imanuel Sanggeng agar dengan kebangkitan Yesus Kristus, dapat membawa kedamaian dan suka cita baru dalam kehidupan bermasyarakat, keluarga, bangsa dan negara. (KN3)

 

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

19 + three =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir