Senin, April 29, 2024

Vigili Natal, Malam Berjaga-jaga Jelang Kelahiran Yesus

MANOKWARI, Kasuarinews.id – Malam sebelum Hari Raya Natal, yaitu tanggal 24 November dirayakan sebagai malam Natal (Christmas Eve). Bagi umat Katolik, malam Natal dirayakan dengan Misa malam Natal atau Vigili Natal.
Namun apa sebenarnya vigili Natal ini?

Mengutip Catholic News Agency, vigili merupakan institusi reguler kehidupan Kristen dan dipertahankan dan sangat direkomendasikan oleh St. Augustine dan St. Jerome. Malam vigili ini disebut juga sebagai malam berjaga-jaga untuk mempersiapkan diri menanti kelahiran Tuhan Yesus Kristus.

Sinode Seligenstadt di tahun 1022 menyebut vigili dilakukan pada malam Natal, Epifani, pesta para rasul, pengangkatan Maria ke surga.

Mengutip News 18, misa tengah malam diamati pada Malam Natal yang merupakan kebiasaan perayaan yang sangat populer. Termasuk perayaan Perjamuan Kudus. Misa Tengah Malam adalah liturgi pertama Natal yang dimulai pada tengah malam. Ini adalah perayaan Misa atau Ibadah untuk menghormati Kelahiran Yesus.

Tradisi misa tengah malam ini awalnya dicatat oleh Egeria, seorang wanita Galicia yang pergi berziarah ke Tanah Suci antara 381-384. Egeria telah mengamati bagaimana di Betlehem, umat Katolik awal Yerusalem merayakan misteri Natal dengan berjaga tengah malam.

Tradisi berjaga sepanjang malam ini diambil oleh dunia Barat pada tahun 430 di bawah Paus Sixtus III di Basilika St. Mary Major.

Tradisi liturgi Malam Natal ini diikuti oleh Gereja Katolik Roma, Anglikan, dan Gereja-Gereja Lutheran. Popularitas Misa Tengah Malam ini makin meningkat pada abad ke-12 ketika izin untuk merayakan 3 Misa pada Hari Natal diberikan kepada semua imam. Aturannya adalah bahwa tiga rumusan yang berbeda harus dirayakan pada waktu yang telah ditentukan – pada tengah malam, fajar dan siang hari. Misa Viligi Natal di Gereja Katolik Santo Agustinus Brawijaya Manokwari dan Imanuel Sanggeng akan digelar pada Sabtu (24/12/2022) pukul 19.00 WIT. (KN1)

ARTIKEL TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

9 + seven =

- Advertisment -spot_img

Berita Terakhir